Qr code this blog

Sabtu, 25 Februari 2012

mouse

A. Jenis-jenis mouse
Mouse Bola
Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC juga mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja. Mouse saat ini mengikuti desain École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) yang diinspirasikan oleh Professor Jean-Daniel Nicoud.
Mouse Optical
Selain mouse bola, saat ini banyak digunakan mouse optikal. Mouse optikal lebih unggul dari mouse bola karena lebih akurat dan perawatannya lebih mudah dibandingkan mouse bola. Mouse optikal tidak perlu dibersihkan, berbeda dengan mouse bola yang harus sering dibersihkan karena banyak debu yang menempel pada bolanya. Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris-garis biru--abu-abu. Mouse optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali permukaan yang memantulkan cahaya. Mouse optikal saat ini bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak.
Mouse Laser
Mouse laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech, perusahaan mouse terkemuka yang bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004, dengan nama Logitech MX 1000. Logitech mengklaim bahwa mouse laser memilki tingkat akurasi 20 kali lebih besar dari mouse optikal. Dasar kerja mouse optikal dan mouse laser hampir sama, perbedaannya hanya penggunaan laser kecil sebagai pengganti LED digunakan oleh mouse optikal. Saat ini mouse laser belum banyak digunakan, mungkin karena harganya yang masih mahal. Dari semua perkembangan mouse, yang tidak banyak berubah adalah jumlah tombolnya. Semua mouse memiliki tombol antara satu sampai tiga buah. Mouse pertama memiliki satu tombol. Kebanyakan mouse saat ini, yang didesain untuk Microsoft Windows, memiliki dua tombol. kurang praktis karena antara mouse dan penerimanya tidak boleh terhalang.

B. Cara Kerja Mouse Optik

Cara kerja mouse optical adalah sebagai berikut: lampu LED menebarkan cahayanya pada permukaan lalu, sensor cahaya yang ada pada bagian bawah mouse akan menangkap pergeseran yang terjadi pada cahaya tersebut. Atau dapat juga dikatakan sebagai berikut. Bila mouse mekanik komputer mencatat pergeseran yang dilakukan oleh mouse, sebaliknya dengan mouse optical, komputer mencatat pergeseran yang terjadi pada landasan mouse.

Untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar. Bagaimana sebuah sensor mampu menangkap setiap kali adanya perubahan gambar atau pola. Berkaitan dengan pola, hal inilah yang menyebabkan kenapa mouse optical sulit mendeteksi permukaan yang transparan dan glossy seperti kaca atau papan whiteboard.
LED menyinari permukaan bawah mouse, cahaya LED dipantulkan oleh tekstur mikroskopik pada permukaan. Lensa plastik mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dan membentuk gambar pada sensor (CMOS sensor). Sensor mengambil gambar dengan kecepatan cukup cepat, 1500 gambar per detik. Gambar (binary / hitam-putih) dikirim ke DSP (digital signal processor) untuk diolah.

Selain mouse optik sekarang ini mulai dikenal adanya mouse laser, Sebenarnya mouse laser termasuk mouse optik tapi menggunakan LED (Light Emiting Diode) berwarna merah. Mouse laser menggunkan pancaran sinar laser yang tak kasat mata. umunya menggunakan sinar infra merah. Sinar laser dipancarakn bergerak menigikuti tangan pengguna. Sinar laser itu menghidupkan sistem sensor optic seperti pada mouse optic biasa. Ribuan gambar diambil dalam waktu satu detik untuk mengetahui pergerakn mouse. Koordinat yang dikirim mouse kemudian digunakan computer untuk memposisikan pointer.

C. Keuntungan

Ketimbang mouse yang pakai bola, mouse optic punya banyak keuntunga , antara lain
1. Lebih tahan lama
2. Kotoran tidak bisa masuk ke dalam mouse,
3. Pointer bisa bergerak lebih mulus
4. Tidak perlu lagi pakai mouse pad.

D. Dampak Penggunaan Mouse Optik pada kesehatan
Ketika menggunakan mouse , pengguna tentunya lebih merasa nyaman ketimbang menggunakan shortcut dari keyboard langsung. Namun, kenyamanan dari mouse juga membawa efek samping yang bisa membahayakan pengguna. Kira-kira semenjak tiga tahun setelah dirilisnya mouse pertama oleh Microsoft, telah ditemukan bahwa terdapat ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Mouse Optic / Optical Mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya.
Frekuensi yang digunakan lebih tinggi daripada handphone.
Mungkin sudah banyak pengguna yang mengetahui, bahwa telapak tangan dan kaki merupakan pusat ujung-ujung syaraf tubuh. Oleh karena itu, radiasi dari mouse bisa dirasakan di telapak tangan dan dapat mempengaruhi kesehatan pengguna. Menurut pengamatan dari badan kesehatan dunia, WHO, radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone, dan akan lebih berbahaya jika mouse optic dipegang terus-menerus oleh pengguna computer. Untuk product mouse optic berkualitas rendah, pengaruh radiasi elektromagnetik akan lebih terasa.



Akibat Penggunaan Mouse Komputer Yang Salah.
Bagi Anda yang selalu bekerja dengan menggunakan KOMPUTER, kesalahan dalam penggunaan MOUSE sehari-hari akan berakibat pada carpal tunnel syndrome / karpal sindrom (istilah dalam kedokteran untuk kelainan pada otot lengan). Gunakan Mouse dengan BAIK dan BENAR!
Berikut adalah foto pembedahan tangan pasien yang mengalami karpal sindrom.

















Dan Berikut Cara pengoprasian Mouse / keyboard secara benar














































Para pembaca sekalian, memang kita harus benar dalam menggunakan komputer, meskipun pengobatan sekarang telah mencapai kemajuan pesat. Cukup banyak pasien karpal sindrom yang membaik dengan fisioterapi, beberapa kasus karpal sindrom memang memerlukan tindakan pembedahan, namun kemajuan ortopedi sekarang amat pesat, beberapa pasien hanya dibuka kulitnya 1 cm sampai 2 cm saja.

Menghindari Setruman Mouse




Ketika kita menggunakan mouse, tak jarang kita sedikit mengalami setruman yang menyerupai gigitan bergetar di atas tangan kita yang menggenggam mouse. Gangguan ini sering disebut sebagai gejala ‘mouse arm’.

Mouse arm sebenarnya adalah sebutan untuk sindrom RSI (Repetitive Stress Injury). Gangguan kronik ini bisa dipicu jika ada gerakan berulang-ulang terus menerus saat memakai mouse. Selain itu penyebab mouse arm ini bisa berasal dari bentu dan model mouse yang tidak pas atau penggunaan mouse dalam jangka waktu yang lama. Jadi Anda harus mempertimbangkan hal-hal tersebut saat menggunakan mouse.
Gangguan yang dialami pengguna akan gejala ini, selain dari mouse, bisa juga disebabkan oleh area kerja secara keseluruhan. Pengguna disarankan memeriksa postur duduk, atau ketinggian meja yang dipakai.
Ada beberapa alternatif yang dianjurkan oleh MonstersAndCritics untuk menghindari ‘mouse arm’, berikut adalah tipsnya:
1. Pilih mouse berbentuk simetris, yang memungkinkan perpindahan antara tangan kanan dan kiri. Dengan mouse ini pula Anda bisa mengurangi stres. Hal ini dianjurkan oleh Ahmet Cakir, direktur sebuah institusi penelitian private milik Institut Ergonomik di Berlin.
2. Para ahli juga menyarankan penggunaan alat navigasi Tablet yang dilengkapi dengan stylus (sebuah pena yang biasanya digunakan untuk PDA atau layar sentuh). Tablet, umumnya memiliki skala permukaan monitor 1:1. Alat yang biasa digunakan oleh seniman grafis tersebut menghindari gerakan memutar yang biasa dilakukan pemakai mouse untuk melintasi layar.
3. Alternatif lain lagi adalah penggunaan trackball. Perangkat yang dijuluki ‘anti mouse’ ini berupa bola yang digerak-gerakkan oleh pengguna untuk mengarahkan pointer di layar. Tidak seperti mouse, trackball bersifat stasioner alias diam di tempat.
4. Selain itu, cara yang disebut paling efektif adalah dengan menggunakan roller mouse. Perangkat ini sekilas mirip tatakan keyboard dengan bagian khusus di depannya. Bagian depan itu dilengkapi dengan pemutar (roller) di bagian tengahnya, yang bisa diakses baik oleh tangan kanan atau kiri. Selain itu juga terdapat tombol untuk klik kanan, klik kiri, klik ganda dan scroll.

Tips menggunakan mouse komputer yang benar

1. Mouse Grip
Menggunakan mouse yang kecil mungkin terlihat imut imut bagi anda, tapi mouse yang kecil sering membuat kita lelah, karena bentuknya yang kecil seluruh permukaan telapak tangan kita tidak menyentuh punggung mouse hal ini menyebabkan jari jari kita cepat lelah dan pegal, karna jempol dan kelingking menahan dan menggerakan mouse, pilihlah mouse yang nyaman untuk di pegang, dimana seluruh permukaan tangan kita dapat memegang bersandar dan kita menggerakanya pun lebih mudah

2. Pergerakan Mouse dari siku
Memang kalau diterapkan ini sangat susah untuk kita tapi menggerakan mouse denga menggaunakan suku adalah baik untuk kita, dimana semua pergerakan di titik tumpukan melalui siku tangan kita, ini akan meringankan pergelangan tangan kita dalam bekerja.

3. Posisi Mouse yang optimal
aturlah tempat duduk anda senyaman mungkin untuk memegang mouse, bentuk posisi yang nyaman adalah tangan kita sejajar atau sedikit berada di atas meja posisinya daripada dengan mouse sehingga dengan begitu kita tidak menggantung tangan kita dengan meja dan menghindari tangan kita untuk menekuk secara terus menerus contoh posisi yang nyaman untuk bekerja dengan mouse dapat dilihat di site ini (Humanscale, Proformix, Flexrest, 3M)

4. Jaga pergelangan tangan anda
Coba anda letakan pergelangan tangan ada di sebuah meja yang datar, anda akan melihat setelah bagian telapak tangan anda di bagian pergelangan tangan akan anda temukan sebuah lekukan kecil yang tembus cahaya ataupun anda bisa selipkan sebuah pensil disitu, ini menyatakan bahwa areal sekitar pergelangan tangan anda membutuhkan sebuah areal yang bebas dari sentuhan ataupun tekanan.

5. Jaga sirkulasi peredaran darah
Hal ini perlu diperhatikan juga, segala sesuatu penyakin kebanyakan disebabkan karna sirkulasi di dalam tubuh kita tidak benar, untuk itu kita harus selalu menjaganya dengan minum air yang banyak dan olah raga (badminton, bola basket dan olah raga yang lebih banyak menggerakan pergelangan tangan) tentunya, seperti yang kita ketahui kita banyak nadi nadi utama yang bergerak dari pergelangan tangan sehingga ini menjadi semakin penting.


6. Jangan pakai Sandaran pergelangan tangan
Menggunakan sandaran untuk pergelangan tangan anda, apalagi yang keras, sama saja artinya anda memberi tekanan 2x lipat pada carpal tunnel di dalam pergelangan tangan anda sehingga ini menyebabkan terjadi penyempitan pada bagian pembuluh pembuluh darah maupun syaraf hingga dengan adanya ini malah bisa mempercepat anda terkena carpal tunnel syndrome (CTS).

7. Hindari pergerakan tangan yang tidak bebas
Biasanya kursi kursi yang terdapat rest arm nya memiliki karakteristik untuk meng lock tangan kita, sehingga hal ini menyebabkan kita akan lebih sering menggunakan pergelangan tangan kita untuk menggerakan mouse.

8. Refleksi
Menggunakan mouse dan pc secara intens memang bukanlah hal yang baik tapi ada baiknya jika anda melatih agar anda dapat memberi istirahat untuk tangan anda sekitar 2 menit untuk melakukan streching untuk tidak menyentuh mouse, ada juga software remindernya yang akan merekam penggunaan mouse dan kibor anda disini Magnitude ErgoManager, Break reminder

9. Bentuk mouse
Carilah mouse yang hampir berbentuk Flat dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan tangan kita seperti mouse dari vendor ini Whale mouse atau Perfit mouse karena mouse ini lebih memacu anda untuk menggerakan tangan anda daripada pergelangan tangan anda.
merawat mouse dengan benar
cara perawatan mouse


mouse optik dan mouse ball

Mouse adalah peripheral yang sangat rawan terhadap masalah, yang utama adalah masalah karena debu atau kotoran cair. Hal inilah yang akan menimbulkan masalah pada mouse secara hardware.

masalah pada mouse

1.gerakkan mouse tidak teratur
2.gerakkan mouse lambat
3.mouse tidak bergerak
4.lampu pada mouse tidak hidup
5.roda mouse tidak bergerak
6.pointer meloncat - loncat

cara merawat mouse yang rapi

membuka baut pada mouse dengan meggunakan obeng, pada bagian bawah mouse kemudian mengeluarkan komponen-komponen pada mouse. setelah semua komponen di keluarkan lalu bersih kan lah debu yang ada pada mouse dengan menggunakan kuas atau kain kering.
setelah di bersih kan kita bisa melihat kembali kotoran yang ada pada kesing mouse kemudian di bersih kan menggunakan kuas ,kain dan menggunakan vacum cleaner.jika tidak maka kita bisa memasang kembali komponen mouse dan menutup mouse.

prosedur perawatan mouse

Untuk tips-tips dalam merawat mouse yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:
1.Jangan meletakkan mouse pada tempat yang berdebu dan pastikan mouse pad selalu dalam keadaan bersih.
2.selalu membersih kan mouse dengan rutin.
3.Jangan terlalu sering membuka mouse karena komponen yang ada didalamnya rawan patah.
Cara membersihkan mouse optik

Alat yang di gunakan untuk membersihkan mouse optik :
*obeng
*kuas

cairan untuk membersihkan mouse optik :
*tisu basah dan
*kain halus

langkah - langkah untuk membersihkan mouse optik :
*langkah pertama buka mouse dengan menggunakan obeng pada bagian bawah mouse,
kemudian mengeluarkan komponen - komponen pada bagian mouse (misal bola,tuas pressroll) kecuali yang sudah menjadi rangkaian dan bila sudah menjadi rangkaian kita membuka nya harus hati - hati kalu salah membuka nya nantik kita tidak bisa menggunakan mouse itu lagi.

*langkah kedua, setelah di buka kita membuang debu nya terlebih dahulu baru kita membersihkan nya dengan menggunakan tisu basah,kemudian kita memmeriksa komponen mana yang masih kotor jika masih ada komoponen yang masih kotor kita harus membersihkan nya dengan tisu basah.

*langkah ketiga, jika semua komponen mouse sudah bersih maka kita bisa memasang kembali mouse tersebut dengan benar .

Mouse Komputer
Mouse komputer berteknologi bola (track ball), kini sudah tergantikan dengan optik. Mouse optik memiliki kamera beresolusi rendah yang dapat menangkap sekitar 1500 – 6000 gambar permukaan di bawahnya. Dengan kemampuan analisanya, mouse dapat menghitung posisi, kecepatan, dan pergerakannya.
Dari perangkat yang sering kita gunakan bersama dengan komputer tersebut, terdapat beberapa komponen yang bekerja di dalamnya. Mau tahu bagaimana cara kerja mouse optik yang sering kita gunakan tersebut?
Berikut paparannya :
Tampilan mouse dari atas dan bawah.
tampak atas:


tampak bawah:








Dengan membuka penutup atas, kita akan mengetahui bagaimana isi di dalam mouse yang penuh dengan komponen elektronik.




Penutup plastik transparan digunakan untuk merefleksikan dan memusatkan sinar yang dipancarkan di bawah kamera.




Lensa yang berbentuk khusus ini dirancang untuk memantulkan cahaya LED ke permukaan.






Lampu LED berguna untuk menerangi bagian permukaan yang akan memantul kembali ke kamera ketika ingin mendapatkan gambar yang jelas dari permukaan bawah mouse.




Terminal IC ini adalah sebuah sensor mouse optik yang bekerja dengan teknologi navigasi optik. Gunanya untuk mengukur perubahan posisi berdasarkan perolehan gambar permukaan yang akan menentukan arah dan jarak gerakan.






IC di atas berisi Sistem Image Acquisition (IAS), Digital Signal Processor (DSP) dan dua port kabel serial. IAS mengambil gambar dari permukaan yang kemudian diproses oleh DSP. Koordinat yang dihasilkan terus disimpan dan dapat diekstraksi menggunakan format serial antarmuka.





Terdapat IC lainnya (A2611D) yang berfungsi untuk menerima input dari Sensor Optical Mouse melalui protokol I2C, membawa input dari kiri-kanan-tengah mouse untuk dikirimkan ke PC, sebagai regulator tegangan, dan bekerja sebagai USB tranceiver yang dapat mengirim dan menerima data dari USB.




Ketika kita memutar roda mouse, potensiometer yang terpasang pada roda seperti gambar di bawah juga berputar, sehingga menghasilkan tegangan output yang berbeda. Potensiometer bekerja sebagai sensor dan sinyal output di mana variabel tegangan setelah pengolahan akan diberikan ke PC.





Struktur di dalam potensiometer yang dipasangkan pada roda mouse.




Tombol merah seperti ditunjukkan di bawah adalah klik tengah dari mouse.





Inilah bagian dalam komponen bertombol merah tadi. Ketika tombol di klik, dibawahnya terdapat plat logam fleksibel yang akan mendeteksi klik dari mouse.













E. KESIMPULAN

1. Medan Elektromagnetik dihasilkan oleh barang-barang yang biasa ditemui dan tumbuh sangat cepat dalam lingkungan yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh terhadap kesehatan dan lingkungan oleh Medan Elektromagnetik baik statis maupun yang berubah-rubah dengan waktu. salah satu contohnya adalah mouse optik
2. Mouse optik adalah mouse yang menggunakan sensor cahaya serta lampu LED merah di bawahnya sebagai pencahaya.
3. Mouse optik bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik.
4. Bahaya lampu LED yang terlalu terang pada mouse optik berpengaruh pada mata yang silau apabila terkena sinar dari LED mouse ini.
5. Energi elektromagnetik yang akan dihasilkan mouse optic 5 kali radiasi handphone atau setara dengan 6,205 . 10-6 eV
6. Mouse optik yang berbahaya adalah apabila mouse optik tersebut menggunakan sinar yang berasal dari sinar laser. Sudah
pasti sinar laser mengandung banyak sekali radiasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls